SMADAV: Gen Bundpil (Virus di Removable Drive paling banyak menyebar di Indonesia)

 

Anda kemungkinan pernah mendapati Flashdisk yang ketika dicolok ke Komputer/Laptop isinya berupa shortcut seperti gambar di atas. Itu artinya Flashdisk dan Komputernya telah terinfeksi Virus Gen Bundpil. 

Target penyebaran virus ini tertuju pada flashdisk, memory card dan lain-lain (Removable Drive), apabila virus menemukan flashdisk yang terpasang di komputer, virus akan membuat sebuah folder baru dengan nama kosong/blank, dan kemudian virus akan memindahkan semua data file/folder yang ada di flashdisk ke lokasi folder baru yang dibuat oleh virus, dan terakhir virus akan membuat sebuah shortcut virus, yang berisi perintah-petintah untuk menjalankan file induk virus yang ada di dalam flashdisk. 


Sebelum Flashdisk terinfeksi virus, data-data Anda berada pada tempat normalnya, namun bisa kita lihat pada gambar di atas semua file dan folder sudah dipindahkan oleh virus ke dalam folder dengan nama kosong/blank. Virus juga menyertakan sebuah shortcut yang digunakan untuk membuka isi folder tersebut, dimana semua file/folder yang disembunyikan ada di dalam folder tersebut.
Saat kita mengklik/membuka shortcut tersebut, semua data file yang sudah disembunyikan akan ditampilkan, sehingga kita mengira bahwa semua berjalan normal, padahal dibalik itu, proses virus lah yang akan aktif lebih dulu, baru kemudian virus menampilkan isi folder yang berisi data file asli kita yang telah disembunyikan.

Mengenai karakteristik virus, lokasi file induk dan proses penyamarannya tidak kami tulis di sini (karena kami tahu karakteristik pembaca biasanya pengen to the poin dan eksekusi langsung ke penanganannya, haha...), namun jika ingin mengetahuinya Anda bisa mengunjungi Situs viruslokal.com sebuah blog Smadav yang ditujukan untuk memberi Informasi Update Smadav dan membahas virus-virus yang menyebarluas di Indonesia. Situs utama Smadav tetap ada di Smadav.net dan Forum Smadav ada di Smadaver.com

Semoga bapak Smadav: Zainuddin Nafarin beserta kru yang membantunya diberikan kesehatan, kesuksesan, keberkahan dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT karena jasanya bagi kita semua khususnya di Indonesia. Aamiin.

Kembali ke Laptop !!!
BAGAIMANA MEMBERSIHKANNYA ?
Hanya satu antivirus lokal yang mampu mengatasinya, dan kami sendiri telah membuktikannya yaitu SMADAV versi Terbaru. Saat postingan ini ditulis, Update SMADAV terbaru adalah versi 10.9 tanggal 27 Juli 2016. Anda bisa mendownloadnya langsung di Smadav.net, dan jika ingin mendapatkan Update Otomatis tentunya kami sarankan untuk menggunakan SMADAV PRO seperti punya kami ini. Kita hanya menyumbang sejumlah kecil uang untuk mendapatkan KEY yang dapat digunakan sampai kapanpun (Lifetime), jika instal ulang tetap dapat digunakan.
Klik Gambar untuk Cara Mendapatkan SMADAV PRO
Pada Smadav Revisi terbaru virus ini sudah dapat terdeteksi dengan baik. harap ikuti cara-cara dibawah ini untuk pembersihan total virus dari sistem., apabila anda memiliki USB Flashdisk jangan lupa untuk menscan isi Flashdisk tersebut untuk mencegah virus kembali menginfeksi sistem.
  • Download / Update Smadav Revisi terbaru
  • Kemudian jalankan
  • Pada tab Scanner > Pilih Scan Total
  • Beri centang pada Deep (Over 1500 Registry Values) dan Deep Scan unknown Startup untuk proses Scan lebih mendalam.
  • Kemudian klik tombol Scan, dan tunggu hinga proses scanning selesai
1. Scanner, 2. Scan Total, 3. Registry Area



Lakukan proses scanner sampai selesai

Hasil Deteksi Virus
Mengembalikan Data Tersembunyi oleh Virus
  • Setelah selesai Scanning dan Bersihkan virus, selanjutnnya cabut flashdisk dan colok kembali ke komputer/Laptopnya, Smadav otomatis akan mengembalikan semua data yang telah disembunyikan oleh virus. (atau Scan ulang Flashdisknya jika Anda tidak mengaktifkan Quick/Full Scan Otomatis Flash disk saat dicolok).

Sumber informasi: viruslokal.com                    

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
1/8/16 11:36 delete

ssssip, semoga ilu yang ditularkan oleh pak Salahudin Jakfar berkah,hhhh

Reply
avatar
5/8/16 16:24 delete

terimakasih, Smadav memang OK, antivirus terbaik karya anak bangsa.

Reply
avatar
12/10/16 15:22 delete

Saya rasa bagi pengguna windows 8 dan 10 tidak perlu lagi menggunakan antivirus tambahan, sebab pada versi windows tersebut sudah terpasang secara bawaan pada sistemnya yaitu antivirus Windows Defender. Kecuali pada versi windows dibawahnya harus mendownload aplikasinya langsung pada situs microsoft. Tetapi untuk jaga-jaga dari serangan virus lokal sebaiknya anda pakai Smadav karena Smadav antivirus paling ringan buatan Indonesia.

Reply
avatar

Mohon maaf jika pertanyaan Anda tidak terbalas karena tidak termonitor (offline) atau keterbatasan pengetahuan saya :D

Update All Aplikasi Satker