Installer Aplikasi SAKPA 2013 [Added: Selasa, 29 Januari 2013]






Silakan Unduh via MediaFire di bawah ini:

Installer Aplikasi SAKPA 2013.exe            Download  36,66 Mb



Petunjuk Setting Awal Aplikasi SAKPA 2013


Setting awal Aplikasi SAKPA 2013 ini pada dasarnya sama saja dengan SAKPA 2012 tahun lalu, namun karena beban kerja dan tanggung jawab yg besar membuat kita terkadang jadi pelupa dan rada-rada stress hahaha..... Jadi tidak ada salahnya kita ulas kembali ingatan kita:

  1. Lakukan Instalasi: Installer Aplikasi SAKPA 2013.exe
  2. Masuk ke Aplikasi SAKPA 2013 dengan User dan Password: admin
  3. Tabel Referensi > klik SATKER > isilah sesuai Kode Kementerian, ES-1, Wilayah dan Kode Satker beserta Uraian Satker.
  4. Buatlah: USER ACCOUNT  yg terdiri dari: Nama, Nama id, Password, Satker dan pilih Jenis Kewenangan mis: Kantor Daerah (KD).
  5. Masuklah kembali: LOG OFF dengan User dan Password yg telah dibuat.
  6. TRANSFER DIPA KE APLIKASI SAKPA 2013: Pada menu: Transaksi > Copy DIPA dari Aplikasi SPM > isi User dan Password SPM 2013 Anda, (misalnya: ppspm), gunanya untuk menyambung koneksi dengan Aplikasi SPM 2013. (Tentu saja Aplikasi SPM dan SAKPA harus dalam 1 komputer / Laptop). Kemudian pilih No. Dokumen (No. DIPA) yg tersedia, Tanggal Dokumen dan Tanggal Buku otomatis muncul > klik Proses.
  7. Langkah selanjutnya adalah PENGAMBILAN SALDO AWAL. Pada menu: Proses > klik Pengambilan Saldo Awal > Otomatis akan masuk Directory c:\Sakpa12\trn dengan munculnya kode BAES1, Wilayah, Satker dan J.Satker, seterusnya klik pada kotak "Pilih" > Klik Proses Data > Keluar.
  8. Cek Rekonsiliasi Saldo Awal Anda untuk memastikan tidak ada selisih. Langkahnya: Menu: Rekonsiliasi BMN > Rekonsiliasi Saldo Awal > pilih SALDO AWAL BULAN: Januari > klik Proses.
  9. Selanjutnya silakan lakukan Proses Rekonsiliasi SAKPA Anda ke KPPN. Menu: Transaksi > Copy SPM/SP2D dari Aplikasi SPM > masukkan user dan Password SPM untuk meng-koneksi pengambilan SPM/SP2D (pastikan Anda sudah Mencatat No. dan Tanggal SP2D dan me-Load Masternya pada Aplikasi SPM 2013.
  10. Posting
  11. Cetak Laporan
  12. Rekon ke KPPN, Periksa kendaraan Anda agar tidak mogok dijalan. Jika di jalan Banjir, bawalah Perahu Karet secukupnya :D
Kalau ada kekurangan, mohon disampaikan / dilengkapi pada komentar di bawah. Terima kasih. Semoga bermanfaat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

42 comments

comments

Mohon maaf jika pertanyaan Anda tidak terbalas karena tidak termonitor (offline) atau keterbatasan pengetahuan saya :D

Update All Aplikasi Satker