Menulis Qur'an pada Microsoft Word secara 0tomatis

Diposkan oleh Alexander Negara


Mungkin kamu pernah mengalami saat di beri tugas oleh guru atau dosen Agama Islam di sekolah / kampus kamu, yang dalam tugas itu kamu harus memasukkan teks arabic (Al-Qur’an) sebelum di print out. Sedangkan dirumah belum punya font arabic yang support bahasa Al-Qur’an, lalu kamu pergi ke rental komputer dengan harapan tugas akan terselesaikan dengan baik. Sialnya, rental komputer yang kamu kunjungi pun belum mempunyai font arabic atau apapun yang support menulis bahasa Al-Quran.


Sekarang kita tidak perlu bingung lagi apabila menghadapi hal semacam diatas, karena sudah ada Program (plugin) untuk Microsoft Office Word yang bisa membantu kita dalam mengatasi hal tersebut. 
Quran in word begitulah sang pembuat program (plugin) ini menamakan hasil karyanya, Program (plugin) ini adalah hasil karya Mohamad Taufiq (Indonesia). Program tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis dalam beberapa bahasa, namun saya hanya memberikannya dalam Bahasa Indonesia.
Setelah kamu mendownload beberapa file yang kamu butuhkan, selanjutnya kamu yang harus kamu lakukan adalah mengekstrak dan kemudian menginstall file SetupQuranInWordInd.exe misalnya (saya menggunakan Quran In Word versi bahasa Indonesia), setelah terinstall kemudian kamu ekstrak file – file bahasanya ke lokasi program files quran_in_word. (untuk lebih jelas silahkan baca di http://myquran.org/msword) 
Nah,…. Sekarang kamu tinggal mencoba menggunakannya, dengan cara membuka Microsoft Word kamu, maka di dalam Microsoft Word kamu akan muncul toolbar tambahan disamping kanan menu “Help” yang bertuliskan “Al-Quran”, kemudian untuk memasukan surat / ayat – ayat Al-Qur’an kedalam bekas ketikan, yaitu dengan cara meng klik toolbar “Al-Quran” kemudian klik “Get Arabic+Translation” kemudian kamu tentukan surat, ayat, bahasa dan ukuran fontnya, kemudian kamu tentukan pilihan baris penulisan ayat dan terjemahannya

Silakan download link di bawah ini:


DOWNLOAD SOFTWARE





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonim
24/2/14 07:07 delete

It's awesome to go to see this site and reading the views of all colleagues about this article,
while I am also keen of getting familiarity.

Also visit my page; Garcinia cambogia fit 1300 Fitness (http://www.kobelover.com/2012/05/nano-torish.html)

Reply
avatar

Mohon maaf jika pertanyaan Anda tidak terbalas karena tidak termonitor (offline) atau keterbatasan pengetahuan saya :D

Update All Aplikasi Satker